Baru

ads header

Rasulullah SAW menikahi gadis berusia 9 tahun?



Allah SWT memerintah Rasululah SAW untuk menikahi gadis ini. 
Pernikahan Rasululah dengan Aisyah r.a. merupakan perintah langsung dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW lewat mimpi yang sama selama tiga malam berturut-turut [Hadits Bukhari Muslim].

Tentang usia Aisyah yang 'katanya' masih 9 tahun, atau di bahkan 6 tahun saat nenikah hanya bersumber dari satu hadits dhaif yang diriwayatkan oleh Hisyam bin ‘Urwah saat beliau sudah tiinggal di Iraq, dalam usia yang sudah sangat tua dan daya ingatnya sudah jauh menurun.

Mengenai Hisyam bin 'Urwah, Ya’qub ibn Syaibah berkata, “Apa yang dituturkan oleh Hisyam sangat terpercaya, kecuali yang dipaparkannya ketika ia sudah pindah ke Iraq.” 

Malik ibnu Anas pun menolak segala penuturan Hisyam setelah beliau menetap di Iraq. Namun oleh para orientalis, hadits dhaif ini sengaja diekspose sedemikian rupa untuk mendiskreditkan Rasulullah SAW.

Menurut beberapa kajian semisal al-Maktabah Al-Athriyyah (jilid 4 hal 301) dan juga kajian perjalanan hidup keluarga serta anak-anak dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, maka akan diperoleh keterangan kuat bahwa Asiyah sesungguhnya telah berusia 19-20 tahun ketika menikah dengan Rasululah SAW. Suatu usia yang tentunya sudah cukup matang untuk menikah. ~ [Dari catatan Id Amor].

CATATAN:
Penjelasan lebih detil tentang jawaban ini dapat anda simak dalam tulisan berjudul;
Koleksi artikel DI BAWAH PANJI PANJI ISLAM

Posting Komentar

0 Komentar