Baru

ads header

Pra-Eksistensi Yesus Menurut Yahudi Dan Kristen


Salah satu pembaca tulisan saya tampaknya mengalami kesulitan dalam memahami apa yang disebut para sarjana sebagai "pra-eksistensi". Ini adalah istilah teknis, jargon, atau singkatan ilmiah, untuk menunjuk pada motif atau konsep yang terbukti dalam sejumlah teks Yahudi awal dan Kristen awal. Secara khusus, sejumlah teks Kristen perdana menganggap Yesus sebagai "pra-eksistensi". Tetapi ada masalah tertentu, jadi saya akan mencoba menjelaskan masalahnya.

Pertama-tama, untuk mengatakan bahwa sesuatu atau seseorang "sudah ada sebelumnya" dapat berarti bahwa dia atau sesuatu itu ada (dalam beberapa bentuk atau lainnya) sebelum penampilan atau keberadaan duniawi dari sosok atau benda tersebut. Tetapi itu juga bisa berarti bahwa dia bahkan ada sebelum penciptaan dunia. Dalam kasus teks PB tentang Yesus, mereka biasanya menempatkan dia entah bagaimana "ada" di, dan sebagai agen ilahi dari penciptaan segala sesuatu. Lihat, misalnya, 1 Korintus 8: 4-6; Ibrani 1: 1-2; Yohanes 1: 1-3; Kolose 1: 15-16. Selain itu, Filipi 2: 6-8 umumnya dianggap sebagai pendahuluan dari Yesus "dalam rupa Tuhan," yang kemudian menjadi manusia atau tokoh sejarah dan menyerahkan dirinya kepada ketaatan kepada Tuhan, bahkan sampai disalibkan. .

Anggapan Kristen tentang partisipasi Yesus dalam penciptaan dunia ini bagi sebagian besar sarjana dianggap sebagai perampasan kristologis dan adaptasi dari motif yang ditemukan dalam tradisi Yahudi kuno. Dalam Amsal 8: 22-31, misalnya, hikmat ilahi dipersonifikasikan berbicara tentang dirinya sebagai rekan pra-penciptaan Allah, dan rekan kerja dalam penciptaan. Dalam Barukh 3: 9—4: 4, hikmat surgawi ini diidentifikasikan sebagai Taurat historis (Hukum) Allah (khususnya 4: 1), semacam inkarnasi kitab. Dalam teks-teks Kristen perdana, Yesus adalah manusia, ekspresi atau perwujudan historis dari Firman (Kebijaksanaan) ilahi (seperti dalam Yohanes 1: 1-3).

Ini bukanlah pemikiran Platonis. Jika ada, justru tampaknya menjadi motif atau "logika" pemikiran teologis Yahudi kuno. Pada dasarnya, nampaknya logikanya seperti ini: Tuhan tidak membuat rencananya dengan cepat, tetapi mengatur segala sesuatu dari awal. Jadi, tindakan ilahi dalam sejarah mungkin memiliki permulaannya, pada awalnya. Salah satu ungkapan yang dikemukakan oleh para sarjana adalah "hal terakhir adalah hal pertama." Jadi, dalam tradisi Yahudi ada beberapa hal yang dianggap sebagai "pra-eksistensi", termasuk Taurat, pertobatan, dan nama Mesias. [1] Ini pada dasarnya adalah keyakinan bahwa Tuhan telah merencanakan segalanya sejak awal, dan menyediakan penebusan dunia bahkan sebelum Dia menciptakannya.

Ini tampaknya merupakan gagasan yang kuat dalam pemikiran eskatologis/apokaliptik Yahudi kuno. Jadi, misalnya, dalam 1 Henokh 48: 1-3, sosok mesianik ("Yang Terpilih") yang akan muncul dan melaksanakan penghakiman dan penebusan ilahi di hari-hari terakhir digambarkan sebagai dinamai dan dipilih sebelum penciptaan. Para sarjana merenungkan apakah contoh khusus ini adalah pra-eksistensi "nyata", atau sesuatu yang lebih dekat dengan semacam pra-eksistensi "ideal". Sosok itu dinamai dan ditetapkan sebelum penciptaan, tetapi apakah ini berarti bahwa ia memiliki semacam keberadaan yang nyata? Tapi ini mungkin untuk menekan masalah lebih jauh dari yang ingin diselidiki oleh tradisi Yahudi kuno. Penegasan penting dalam teks ini adalah bahwa Tuhan memiliki segala sesuatu yang direncanakan sejak awal, termasuk penyediaan seorang Mesias, dan bahwa penebusan eskatologis bukanlah kasus dimana Tuhan berusaha untuk memperbaikinya.

Dalam bagian-bagian PB, tokoh sejarah, Yesus dari Nazareth, (cukup luar biasa) dianggap berasal dari pra-eksistensi, paling sering untuk menempatkan perannya juga dalam penciptaan dunia, sebagai agen unik penciptaan. Kami tidak memiliki contoh lain dalam tradisi Yahudi tentang figur sejarah yang hampir kontemporer yang dianggap berasal dari masa sebelumnya. Jadi, misalnya, dalam Yohanes 1: 1-3; Kolose 1: 15-16; Ibrani 1: 1-2, teks-teks ini mengklaim bahwa Yesus yang sudah ada sebelumnya adalah "melalui siapa" dunia diciptakan. Menariknya, dengan satu atau dua pengecualian, tulisan PB menunjukkan sedikit perhatian untuk melampirkan Yesus yang sudah ada sebelumnya pada peristiwa lain dalam sejarah alkitabiah. [2] Sebaliknya, perhatian utama tampaknya telah menghubungkan karya eskatologis dan penebusan Yesus dengan "hal pertama" dan penciptaan dunia.

Salah satu diskusi terbaik tentang masalah ini adalah esai oleh Nils Dahl (semua karyanya tetap layak dipelajari). [3] Sebagaimana dicatat Dahl, PB juga menyatakan bahwa orang-orang yang menjadi tebusan sudah dikenal sebelum penciptaan, dan Yesus yang sudah ada sebelumnya telah ditunjuk sebagai penyelamat mereka. Jadi, sekali lagi, pengajuan pra-eksistensi kepada Kristus bukanlah latihan spekulasi untuk kepentingannya sendiri, tetapi sangat terkait dengan kepercayaan tentang kedaulatan dan tujuan penebusan Tuhan, dan sentralitas Yesus dalam semua ini.

Hal lain yang perlu dipahami adalah, bertentangan dengan beberapa asumsi, anggapan tentang pra-eksistensi Yesus tidak membutuhkan waktu puluhan tahun atau berkembang terlambat. Sebaliknya, bukti (khususnya surat-surat Paulus) menunjukkan bahwa gagasan itu sudah dikenal dan tidak kontroversial di kalangan Kristen perdana dalam beberapa tahun pertama setelah penyaliban Yesus. Dan kita dapat memahami mengapa, jika kita mempertimbangkan logika pemikiran eskatologis Yahudi kuno, di mana hal-hal terakhir karenanya juga menjadi hal pertama. Jadi, jika kebangkitan Yesus membuktikan kepada orang-orang percaya yang paling awal bahwa Yesus adalah Mesias dan Tuhan eskatologis sejati, maka Dia pasti sudah seperti itu sejak sebelum penciptaan. Singkatnya, itu adalah langkah singkat (tapi luar biasa) dari kepercayaan pada signifikansi eskatologis Yesus ke kepercayaan pada pra-keberadaannya, dan kemungkinan membutuhkan sedikit waktu untuk membuat langkah itu.


Footnotes:
[1] Lihat, misalnya, Larry W. Hurtado, “Pre-Existence,” dalam Dictionary of Paul and His Letters , ed. GF Hawthorne dan RP Martin (Downers Grove: Inter-Varsity Press, 1993), 743-46; Jürgen Habermann ,, Perjanjian Präexistenzaussagen im Neuen , Europäische Hochschulschriften, Reihe 23, Theologie, 362 (Frankfurt am Main: Peter Lang, 1990); RG Hamerton-Kelly, “Ide Pra-Keberadaan dalam Yudaisme Awal: Studi dalam Latar Belakang Teologi Perjanjian Baru” (Th.D., Union Theological Seminary, 1966). JDG Dunn, Christology in the Making: A New Testament Inquiry Into the Origins of the Doctrine of the Incarnation, Edisi ke-2. (Grand Rapids: Eerdmans, 1996), adalah salah satu dari sedikit studi panjang buku tentang topik tersebut, tetapi kesimpulan Dunn, misalnya, bahwa teks PB tidak benar-benar menganggap Yesus sebagai pendahulunya, tidak meyakinkan sebagian besar ahli.

[2] Ada rujukan yang aneh dari Paulus tentang batu yang darinya Israel memperoleh air di padang gurun sebagai "Kristus" (1 Korintus 10: 4), dan juga varian tekstual yang menarik dalam Yudas 5, salah satunya menempatkan Yesus sebagai Tuhan yang menyelamatkan Israel dari Mesir.

[3] Nils A. Dahl, “Christ, Creation and the Church,” dalam Latar Belakang Perjanjian Baru dan Eskatologinya: Studies in Honor of CH Dodd , ed. WD Davies dan D. Daube (Cambridge: Cambridge University Press, 1954), 422-43; diterbitkan ulang dalam NA Dahl, Jesus in the Memory of the Early Church (Minneapolis: Augsburg, 1976), 120-40.





Posting Komentar

0 Komentar