Benarkah Yesus mati di tiang salib untuk penebusan dosa?
John S. Spong, seorang Uskup Episkopal dari Newark, USA, menulis 12 tesis berjudul
SERUAN UNTUK REFORMASI BARU.
Dalam tesisnya yang ke-6 ia mengungkapkan bahwa:
YESUS TIDAK MATI UNTUK MENEBUS DOSA.
Berikut adalah ulasan Uskup John S. Spong tentang tesisnya tersebut:
"Paham kayu salib sebagai pengorbanan bagi dosa-dosa dunia adalah ide barbar yang didasarkan pada suatu konsep primitif tentang Tuhan, harus ditolak!"
Pada bulan Mei 1998, ketika saya menayangkan di Internet Duabelas Tesis untuk diperdebatkan, yang diambil dari buku saya "Why Christianity Must Change or Die", saya tidak mengira betapa hebat responsnya. Perdebatan itu disambut dan dikutuk, diikuti dan dihindari oleh orang tak terhitung banyaknya. Tesis-tesis itu dikhotbahkan secara positif dan secara negatif di keuskupan ini, di Katedral St. Paul di London, di Australia, Kanada, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Respons paling emosional adalah terhadap Tesis No.6, yang berkaitan dengan penafsiran terhadap kayu salib dan peranan Yesus dalam drama keselamatan, di mana saya mempertanyakan kebenaran kalimat:
"Yesus mati untuk dosa-dosaku."
Kalimat itu begitu sering digunakan dalam sejarah Kristiani sehingga menjadi seperti mantra. Maksudnya, diulang-ulang tanpa penjelasan, seolah-olah maknanya sudah jelas dengan sendirinya. Tidak boleh dipertanyakan atau diperdebatkan. Sekadar dikemukakan berulang-ulang tanpa henti. Perayaan Ekaristi didasarkan padanya; banyak lagu-lagu pujian kita mencerminkannya. Namun, bagi alam pikiran modern, jika dianalisis, kalimat ini hampir tidak ada artinya sama sekali. Kadang-kadang kalimat keramat ini diperluas hingga mencakup apa yang hanya dapat digambarkan sebagai fetisisme terhadap darah yang ditumpahkan Yesus di kayu salib.
Kuasa yang luar biasa telah dikenakan kepada darah "suci" itu. Orang Kristen sampai bicara tentang efek penyucian dari siraman darah itu. Sebuah lagu pujian yang saya alami dua kali selama Minggu Suci menyatakan "God on Thee Has Bled" (Tuhan Menumpahkan Darah Atasmu). Kematian Yesus dikatakan merupakan sesuatu yang dituntut oleh Tuhan: suatu tebusan, suatu kurban yang dipanjatkan kepada Tuhan, suatu pembayaran yang dituntut oleh Tuhan bagi dosa-dosa dunia, harga yang harus dibayar untuk memperoleh penebusan, yang adalah pengalaman bersatu dengan Tuhan. Dalam penelitian saya, saya menyimpulkan bahwa bahasa ini --"Yesus mati demi dosa-dosaku"-- adalah distorsi penuh kekerasan dari makna Yesus.
Paham itu memberikan kepada saya suatu Tuhan yang sadistis dan haus darah. Suatu Tuhan yang kehendaknya harus dipenuhi dengan pengurbanan manusia bukanlah Tuhan yang kepadanya hati saya tergerak untuk memuja. Itu paham yang sangat buruk. Lagipula, konsep ini menjadi begitu normatif di dalam pengajaran iman kita, sehingga banyak orang merasa, seandainya paham tentang "karya penebusan" Yesus ini tidak diterima, maka tidak ada lagi yang tersisa dari Kristianitas.
Namun, saya yakin, justru kebalikannya yang benar. Bagi saya jelas, kalau kita tidak mengekspos kualitas barbar dari tafsiran kuno terhadap makna kematian Yesus dan terhadap Tuhan yang dikatakan menuntutnya, dan menghapuskan keburukan spiritual ini dari kehidupan Judeo-Kristiani, maka Kristianitas tidak punya masa depan. Saya tidak percaya, manusia modern akan tertarik kepada suatu Tuhan yang kehendaknya harus dipenuhi dengan kurban manusia Yesus di kayu salib. Jika Kristianitas menuntut paham tentang makna kematian Yesus ini, saya tidak akan menganut iman ini lagi.
Tetapi oleh karena sifatnya yang telah tertanam secara mendalam, perlawanan pasif saja tidak pernah akan efektif. Alih-alih, ide ini harus ditumbangkan secara agresif; kalau tidak, tidak akan ada sesuatu yang baru dan lebih menarik akan pernah muncul. Itulah sebabnya, saya rasa Gereja Kristen pada dewasa ini membutuhkan suatu reformasi yang baru dan kuat yang tidak boleh berhenti sampai semua doktrin inti yang paling dasar dari iman Kristiani dikaji ulang dan dirumuskan kembali. Reformasi pada abad ke-16 tidak sampai pada tugas ini, dan secara retrospektif, hanya membuat perubahan-perubahan kosmetik belaka.
Reformasi baru ini harus mengguncangkan dasar-dasar pemikiran Kristiani itu sendiri. Mau tidak mau hal itu akan menimbulkan ketakutan dan kecemasan besar di kalangan religius konservatif, dan akan menimbulkan amarah yang selalu muncul bila suatu ancaman terakhir dilancarkan terhadap suatu sistem kepercayaan yang sedang sekarat. Tetapi bagaimana pun juga kita harus menyambutnya, karena ia menyajikan satu-satunya kesempatan bagi iman nenek-moyang kita untuk tetap hidup menjadi iman anak-cucu kita.
Paham tentang kematian Yesus sebagai kurban bagi dosa-dosa dunia, menurut pendapat saya, mewakili teologi keliru yang didesain untuk mengakomodasikan antropologi keliru yang menjadi dasarnya. Kehidupan manusia bukanlah diciptakan sebagai sesuatu yang baik yang kemudian jatuh ke dalam dosa, dan mengharuskan penyelamatan ilahi yang berpuncak di kayu salib di Kalvari, sebagaimana dikemukakan oleh mitos Kristiani tradisional. Alih-alih, kehidupan manusia telah berkembang melalui jutaan tahun sejarah evolusioner, yang tidak saja menghasilkan manusia yang tidak lengkap, melainkan juga terdistorsi oleh perjuangan untuk mempertahankan diri (survival).
Kita bukanlah malaikat yang jatuh, melainkan makhluk yang muncul dan berkembang. Kita adalah suatu karya yang tengah berlangsung, yang terus-menerus menjadi korban hakikat kemanusiaan kita yang belum tuntas. Oleh karena itu, kita tidak dapat diselamatkan dengan suatu kurban kematian dari seorang yang memanjatkan persembahan sempurna kepada suatu Ilah yang marah, kurban yang didesain untuk mengembalikan kita kepada sesuatu yang tidak pernah kita alami. Alih-alih, kita harus terpanggil oleh rahmat cinta untuk berjalan menuju taraf kesadaran lebih tinggi, suatu kemanusiaan yang baru dan lebih lengkap.
Sosok Juru Selamat bagi kita tidak mungkin seorang yang membayar harga dosa-dosa kehidupan kita. Alih-alih, sosok Juru Selamat bagi pemahaman kita atas kemanusiaan haruslah seorang yang mampu memberdayakan kita untuk berkembang mengatasi keterbatasan diri kita, untuk membebaskan diri dari ketakutan-ketakutan yang mendistorsikan, dari prejudis-prejudis kita yang membutakan dan stereotipe-stereotipe kita yang mematikan, dan membawa kita ke suatu tempat yang di situ kita menemukan kemerdekaan untuk memberikan hidup kita dalam cinta kepada orang lain.
Pertanyaan teologis terakhir yang mendorong reformasi baru ini adalah: apakah kita mampu menanggalkan dari Yesus penjelasan interpretatif tradisionalnya tanpa menghilangkan pengalaman yang dimiliki manusia tentang Yesus ini, yang membuat mereka berseru bahwa di dalam dia kesucian Tuhan telah dialami.
Untuk melakukan ini, kita harus mengesampingkan kerangka mitologis yang telah memerangkap Yesus. Kelahiran dari perawan dan kenaikan kosmik harus dilihat sebagai sekadar bahasa interpretatif pra-modern. Berjalan di atas air dan memberi makan 5000 orang dengan lima potong roti tidak mungkin merupakan kisah nyata. Kebangkitan kembali yang dipahami sebagai resusitasi fisikal harus dilihat sebagai tradisi yang berkembang belakangan.
Tetapi sekali kerangka mitologis ini dihilangkan, Yesus tidak lenyap atau menjadi sekadar guru yang baik, seperti yang ditakutkan oleh banyak orang. Alih-alih, malah muncul suatu sosok Yesus sebagai saluran transendensi, sosok manusia yang menyatu dengan sumber hidup, pengungkap sumber cinta, suatu makhluk baru yang membuat gamblang Landasan Semua Keberadaan (The Ground of All Being). Ia adalah suatu kehadiran Ilahi, bukan suatu manusia-ilahi mitologis; suatu manusia yang lengkap, yang menjadi kehidupan yang melaluinya kuasa sepenuhnya dari realitas keilahian Tuhan dapat muncul dalam sejarah manusia.
Alih-alih melihat kepada mukjizat-mukjizat yang ditafsirkan secara harfiah, kita harus mulai melihat kepada sosok manusia yang keutuhannya memanggil murid-muridnya untuk melampaui batas-batas identitas kesukuan mereka.
Orang Yahudi, yang berpikir bahwa orang non-Yahudi (Gentiles) tidak pantas dianggap sebagai manusia yang boleh diakrabi dalam relasi, didorong oleh kenyataan sosok Yesus untuk pergi ke dunia non-Yahudi itu untuk memberitakan Injil, dan mereka melakukannya. Kaum agama yang ketat yang yakin bahwa kaum Samaritan, yang menjadi sasaran prejudis mereka, ditolak oleh Tuhan dan oleh karena itu pantas ditolak oleh mereka, diubah oleh Yesus.
Ia mengajarkan kepada mereka, bahwa bila kaum Samaritan memenuhi panggilan Taurat untuk memberikan kasih sayang dan mempedulikan orang, mereka adalah anak-anak Ibrahim yang lebih sempurna daripada seorang ahli agama dan seorang Levi yang tega untuk melewati korban kehidupan di sisi jalan. Orang yang berpegang teguh pada aturan-aturan mana yang halal dan mana yang haram harus berhadapan dengan Yesus yang memeluk penderita kusta, membiarkan sentuhan perempuan yang sedang haid, dan menolak menghakimi orang yang dituduh berzina.
Tuhan memang ada di dalam diri Kristus ini. Itulah pengalaman yang menyeruak dan perlu dijelaskan. Namun penjelasan historis telah dikemas dalam asumsi-asumsi yang tidak lagi bisa kita terima. Asumsi-asumsi ini dibentuk oleh suatu pandangan-dunia yang tidak lagi kita anut. Mereka mencerminkan pemahaman akan realitas yang tidak lagi kita miliki dan suatu tradisi pemujaan yang asing bagi tradisi kita sendiri.
Orang Kristen-Yahudi abad pertama memahami kematian Yesus menurut analogi domba Paskah, yang disembelih untuk mematahkan kuasa maut. Kemudian mereka memahami dia sebagai domba baru dari Yom Kippur, yang dikurbankan untuk menebus dosa-dosa dunia. Mereka menganyam di seputar Yesus simbol-simbol liturgis kuno, tetapi tidak satu pun dari simbol-simbol ini akan efektif bagi kita.
Sebaliknya, mereka malah mendorong orang untuk menjauh. Oleh karena itu, kita harus bersiap-siap untuk mengesampingkannya, untuk memperlakukannya sebagai terbatas, dan yang pada akhirnya malah menyesatkan. Yesus tidak mati untuk dosa-dosa kita! Yesus bukan kurban yang dipanjatkan kepada Tuhan untuk mengatasi kejatuhan yang tidak pernah terjadi.
Kita adalah makhluk yang muncul naik ke atas, bukan makhluk yang jatuh. Yesus bukan perwujudan dari ilah teistik yang mengunjungi planit ini dengan menyaru sebagai manusia selama 30 tahun. Yesus adalah manusia, yang di dalamnya Tuhan yang bersemayam di lubuk dasar kehidupan, muncul dalam sejarah manusia dengan cara baru yang dramatis dan lengkap.
Tugas bagi reformasi baru adalah membebaskan Yesus dari bahan-bahan yang mendistorsikan ini dan menampilkannya kembali dalam gambaran-gambaran baru. Tetapi kita tidak boleh kehilangan pengalaman ini. Tuhan ada di dalam Kristus. Kuasa kehidupan yang transenden, pancuran cinta yang abadi, Landasan Semua Keberadaan (Ground of All Being) yang tak terperikan yang meletup dalam kemanusiaannya yang utuh dan merdeka untuk memanggil kita ke dalam suatu kesadaran baru.
Panggilan Kristus adalah panggilan untuk berjalan mengatasi keterbatasan evolusioner yang ditetapkan oleh upaya untuk mempertahankan diri. Roh Kudus Tuhan yang secara mencolok hadir di dalam Yesus --sehingga orang bilang Roh Kudus-lah yang mengandungnya-- tetap merupakan rahmatnya bagi kita masing-masing.
Kita yang ada di dalam Kristus dapat --seperti Kristus-- menjadi pendukung Tuhan di lingkungan kita, inkarnasi- inkarnasi baru dari kehadiran ilahi yang abadi. Kita dapat mengungkapkan sumber hidup dan cinta, yang memanggil kita dan orang lain ke dalam kepenuhan keberadaan kita. Inilah jalan yang melaluinya kita bisa bicara tentang Kristus dalam zaman kita, dan kemarilah reformasi yang akan datang dapat membawa kita. Bagi Gereja Kristen, melekat pada rumusan-rumusan harfiah dari masa lampau berarti tidak kurang dari menempuh jalan kematian. Melepaskan rumusan-rumusan itu untuk memasuki pengalaman Kristus secara baru adalah harapan untuk masa depan.
Saya berdoa untuk tibanya reformasi ini, sekalipun saya menyadari bahwa bagi banyak orang ini akan tampak sebagai penghancuran apa yang mereka pikir sebagai iman Kristiani. Kita tidak boleh takut akan itu, oleh karena ia akan membawa kita kepada pembaruan dan kebangkitan kembali dan memberi kita kemampuan untuk menyanyikan kidung Tuhan dalam milenium ketiga.***
[sumber: mediaisnet | Dari naskah asli SERUAN UNTUK REFORMASI BARU | The Episcopal Churh]
0 Komentar